Aturan Ketat Menulis Berita Covid-19

Kepada seluruh kontributor, 

Dalam rangka mengurangi berita hoaks megenai Covid-19, sesuai dengan aturan Pemerintah Republik Indonesia, kami tidak menyarankan Anda untuk menulis konten berkaitan dengan Covid-19, terutama berita hard news. Konten yang terkait dengan Covid-19 harus memenuhi persyaratan ketat di bawah ini. Jika tidak, konten Anda akan di-offline. 

Berikut persyaratannya: 

  1. Konten Covid-19 yang berkaitan dengan kategori hardnews, seperti jumlah pasien yang positif, apa yang dilakukan pemerintah, dan sebagainya tidak diperkenankan di-publish dan akan di-offline. 
  2. Konten Covid-19 yang berkaitan dengan kategori softnews seperti hasil penelitian ilmuwan, science, serta dampak terhadap masyarakat, WAJIB mencantumkan SUMBER RESMI yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini berlaku untuk konten artikel maupun video. Bagi yang tidak mencantumkan sumber resmi, maka konten akan di-offline. 
  3. Konten Covid-19 yang berkaitan dengan kategori gaya hidup, hiburan, serta hal unik, seperti berita selebriti, cara mencegah kebosanan di rumah aja, dan sebagainya, masih diperbolehkan, namun tetap tidak membuat judul yang berlebihan atau clickbite. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, kami harap Anda dapat mematuhi aturan di atas agar kita semua bisa memperoleh konten-konten bermanfaat serta mengurangi hoaks di tengah wabah Covid-19. 

Salam, 

Tim UC We-Media

Previous
Next Post »